#
  • banners
  • Ads 468x60px

    Sports

    Minggu, 25 Maret 2012

    Unknown

    Berguru Mendirikan BUMD,3 Kabupaten Kunjungi Gresik

    GRESIK (beritanusantara) - Meski kurang begitu terurus dan diperhatikan,  Ternyata 3 BUMD Gresik banyak mendapat perhatian dari luar daerah Gresik, betapa tidak dalam 2 hari berturut-turut, PT. Gresik Migas,  PD. Bank Gresik dan PDAM Gresik mendapat 3 kunjungan dari 3 Kabupaten kota di Indonesia secara bergantian. pertama Rombongan beranggotakan 15 orang anggota DPRD kota Bontang, Kaltim berkunjung ke Gresik. Rombongan yang berjumlah 15 orang dipimpin oleh, Sayutin Budianto Ketua Komisi 2 DPRD Kota Bontang  datang ke Gresik untuk berguru dalam pembentukan Perusahaan Daerah yang bergerak dibidang migas. “bagaimana membentuk BUMD Migas, Apa membentuk Perdanya dahulu atau badannya dulu ?, karena kami sebagai penghasil gas terbesar kami tidak punya perusahaan daerah yang bergerak dibidang itu” ujar Sayutin Budianto.
     Dalam penjelasan yang disampaikan Asisten II Bambang Sugati, Pendirian BUMD di Gresik didahului oleh Perda. Kemudian diundangkan dan pembentukan badannya yang dikuatkan oleh Akte Notaris. Selanjutnya dibawa ke Kementerian Hukum dan HAM. 
    “karena pendirian BUMD di Gresik sebelum tahun 2006 sebelum terbitnya perundangan yang baru”ujar Mantan Kepala Inspektorat yang menerima para anggota legislatif dari daerah penghasil gas terbesar di Indonesia di ruang Retno Suwari Lantai II Kantor Bupati Gresik.

    Selain Gresik Migas, sehari sebelumnya anggota  DPRD dari Kabupaten Asahan dan DPRD Kabupaten Nias keduanya dari Sumatera Utara. Para tamu anggota DPRD dari 2 Kabupaten di Pulau Andalas tersebut juga melakukan pembelajaran terkait pelayanan dan pendirian BUMD. Sekretaris Kabupaten Asahan, Sofyan yang menjadi ketua rombongan dari Kabupaten Asahan menyatakan maksud kedatangannya yaitu pihak Pemkab Asahan dan Rombongan DPRD Asahan mau belajar lebih banyak terkait pengalihan pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan. “Pengelolaan PBB di Kabupaten Asahan efektif dimulai pada 2013. Selain itu kami juga ingin tahu lebih banyak bagaimana cara membentuk Unit Pelaksana Tehnis (UPT).

    Lain Kabupaten Asahan lain juga Kabupaten Nias, di Kabupaten yang berada di sisi paling Timur di Wilayah Sumatera Utara ini berguru dalam hal pembentukan BUMD, Bank milik daerah.”kami mendengar Bank Gresik sangat bagus dalam pengelolaan manajemennya, untuk itu kami belajar di Gresik agar kami dapat mendirikan Bank Daerah di Nias”ujar Yulius Lasee pimpinan Rombongannya. Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Nias ini juga berharap agar Pemkab Gresik juga memberikan informasi sampai pada aturan hukum serta perundang-undangannya. (i)        

    Unknown

    About Unknown -

    Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

    Subscribe to this Blog via Email :