#
  • banners
  • Ads 468x60px

    Sports

    Rabu, 04 April 2012

    Unknown


    GRESIK (Warta G) - Dana bantuan untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gresik dari APBN senilai Rp.45 miliar terancam batal dan dialihkan ke daerah lain. pasalnya, sampai sekarang kondisi perusahaan milik pemkab Gresik tersebut  terus merugi Rp. 4 miliar pertahun.

    Direktur Utama PDAM Gresik, Muhammad menyebutkan kerugian itu didapat dari estimasi penjualan air setiap kubiknya rugi senilai Rp600 dari biaya produksi. Harga air ke pelanggan rumah tangga Rp1.250 perkubik dan industri Rp5.600. Pelanggan rumah tangga mencapai di atas 53 ribu.

    "Bisa tidak merugi, bila harga jualnya dinaikkan. Kami sudah mengusulkan kenaikan 37 persen. Tetapi sampai sekarang belum disetujui bupati dengan alasan harus diperbaiki pelayanannya," ujarnya.

    Memang dilematis. Dinaikkan harganya, tapi pelayanan PDAM masih dikeluhkan pelanggan. Masih banyak pasokan air yang digilir perpekannya terutama pelanggan kawasan Gresik, Kebomas dan Manyar. Belum lagi kualitas pasokan air yang masih keruh dan tidak layak pakai.

    Namun, bila tidak dinaikkan terus merugi. Padahal bantuan Rp44 miliar dari Ditjen Cipta Karya tersebut cukup membantu untuk memenuhi kebutuhan air kawasan kota. Karena menurut Muhammad, dana bantuan itu untuk membangun IPA (instalasi pengolahan air) di Desa Cangkir, Driyorejo.

    "Dana itu untuk IPA berkapasitas 100 liter perdetik, juga membangun instalasi pipa sepanjang 15 kilometer dari Cangkir ke Kepatihan di Menganti. Renacannya pipa dengan diameter 300 milisentimeter," ungkapnya.

    Sebenarnya, lanjut Muhammad, tahun 2011 PDAM Gresik sudah mendapat bantuan dari Ditjen Cipta Karya Rp26 miliar. Dana itu dipakainya membangin IPA baru dengan kapaditas 100 liter perdetik. Produksi airnya dipakai memasok pelanggan di Driyorejo dan Wringinanom.

    "Makanya, kali ini bantuan yang 2012 kami minta kebijakan bupati. Bahkan, kami juga melobi Ditjen Cpta Karya untuk mecairkan bantuan kenati tetap merugi," pungkas nya

    Unknown

    About Unknown -

    Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

    Subscribe to this Blog via Email :