#
  • banners
  • Ads 468x60px

    Sports

    Selasa, 17 April 2012

    Unknown

    Raih PKH Award 2012,Gresik jadi rujukan

    Program Keluarga Harapan (PKH) adalah sebuah gagasan yang bertujuan untuk memberikan stimulan kepada seluruh masyarakat kecil agar berdaya dan mampu berdikari diatas kaki sendiri. oleh kartenanya realisasi PKH di lapangan menjadi sangat urgen di saat upaya pemerintah untuk melakukan pemberdayaan pada sektor masyarakat kecil. Gresik kembali meraih Prestasi juara, kali ini Program Keluarga Harapan (PKH) sukses direbut dalam kategori Apresiasi daerah terhadap operator dan pendamping terbaik PKH. seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gresik Jawa Timur, Sentot Supriyohadi saat menghadap Wakil Bupati Gresik,Mohammad Qosim beberapa waktu lalu. Kehadiran Sentot bersama Koordinator PKH, Widodo Lestari dan kawan-kawan yang juga didampingi kabag Humas Pemkab Gresik, Andhy Hendro Wijaya melaporkan akan prestasi yang telah dicapai PKH Gresik tersebut. 
    “pada Selasa,(3/4) kami menerima piala PKH award dari Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri saat pembukaan rakornas PKH di Yogyakarta. Hanya 6 Kabupaten Kota yang menerima piala PKH, selain  mendapat juara 1, kita juga masuk 2 nominator di ketegori lainnya,” ucap Sentot bangga.

    Sukses PKH kabupaten Gresik menyabet PKH Award tersebut, langsung menarik animo berbagai kota/kabupaten di Indonesia untuk melakukan study banding ke Gresik Jawa Timur. Hal ini diakui oleh Sentot terkait program Pengentasan kemiskinan yang palingmenjadi andalannya. “karena PKH memberikan santunan untuk pendidikan dan kesehatan yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat”.  Terkait Sukses Gresik akan Program Keluarga Harapan, saat ini PKH di Gresik sudah menjangkau seluruh wilayah Gresik Jawa Timur di 18 Kecamatan.  
     Koordinator PKH Gresik, Widodo Lestari mengaku, selama 5 tahun sejak program diluncurkan pada tahun 2007 di Gresik hingga saat ini telah berhasil menjangkau 18 Kecamatan.
    ”awalnya hanya mencakup 8 kecamatan, karena faktor keberhasilan maka program ini bertambah sampai menjangkau seluruh kecamatan” katanya. Pada PKH 2012, program yang diembannya ini telah berhasil memberi bantuan untuk 15.726 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).
    Menurut Widodo, dana yang diterima para RTSM ini bervariasi, mulai Rp. 600.000 sampai Rp.2.200.000 pertahun. Tergantung ketentuan yang ada pada PKH. Dana yang diterimakan kepada para ibu dari RTSM tersebut, besar kecilnya tergantung n bagi anak sekolah tertanggung harus melaporkan absensinya.
      dari tanggungan pendidikan anak, kesehatan dan aktifitas kegiatan di 2 bidang tersebut. Misalnya balita harus rutin datang ke posyandu, bagi ibu hamil harus memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas, dan Tentang aktifitas dan partisipasi peserta PKH di Gresik sangat tinggi. Untuk Posyandu misalnya mencapai 96,02%.  Angka kematian ibu melahirkan dan anak hanya 0,6% serta angka putus sekolah dari peserta program PKH mencapai 0%. Prosentase inilah yang dijadikan tolok ukur keberhasilan sukses PKH di Gresik. Sukses inilah sehingga kami banyak mendapat kunjungan study banding dari berbagai kabupaten Kota di Jawa Timur.

    Menanggapi kenyataan ini, Wakil Bupati Gresik, Drs. Mohammad Qosim, M.Si menyatakan terima kasih kepada Dinas Sosial dan Koordinator PKH yang telah bekerja dengan baik. “kami berharap dengan PKH award ini bisa terus meningkatkan semangat teman-teman pendamping PKH. Selain itu, kami melihat ini sebagai awal yang baik untuk kinerja Dinas Sosial Gresik agar kedepan lebih baik dan focus dalam penanganan social” kata Qosim.

    Unknown

    About Unknown -

    Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

    Subscribe to this Blog via Email :